• PPDB.MAN 1 LUBUKLINGGAU
  • #PrestasiUnggulDanBerintegritas

Forum Lingkar Pena (FLP)

Forum Lingkar Pena (FLP) salah satu dari sekian banyak ekstrakulikuler di MAN 1 Model Lubuklinggau. Estrakulikuler ini dipelopori oleh Engga Vivitri dan diprakarsai oleh guru bernama Hariani. Saat FLP ini sudah berusia delapan tahun, tepatnya 7 Oktober 2012 ekstrakulikuler  ini dibentuk.

Saat ini ekstrakulikuler binaan Shinta Kartika Dewi, S.Pd ini sudah sangat berkembang dan sudah banyak meraih prestasi di dalam ataupun di luar sekolah. Ya udah sobs, sekarang kita simak aja penjelasan dari ketua FLP berikut ini simak ya sobs...

Apa itu FLP?

"FLP adalah sebuah forum yang menaungi pecinta buku dan penulis, serta melatih kemampuan dan skil anggota FLP agar kelak menjadi penulis-penulis kreatif di masa depan", tegas M. Arif Abdillah, ketua FLP MAN 1 Model Lubuklinggau.

Bagaimana sistem pelatihannya?

"Sistem pelatihannya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, yaitu setiap Selasa. Sistem pelatihannya, di pekan pertama dan kedua mencakup pembahasan materi serta memahami kaidah dalam penulisan. Pada pekan ketiga diisi dengan games agar menetralisir pikiran anggota supaya mereka tidak bosan dan bisa terus berkarya, pada pekan keempat yaitu meng-update mading yang biasanya diisi dengan tulisan-tulisan yang memotivasi," ungkapnya.

Apa saja agenda khususnya?

"Mendadakan kegiatan bulan bahasa di tanggal 28 Oktober, acara lepas sambut kepengurusan FLP setiap tahun ajaran baru, dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Mansa Crearivity Festival setiap tahun, dan masih banyak lagi lainnya." Ujarnya.

Apa sih manfaatnya?

"Manfaat mengikuti FLP adalah dapat menumbuhkan jiwa-jiwa penulis dan meningkatkan kebahasaan dalam menulis, serta bisa meluapkan ide-ide melalui tulisan," jelasnya.

Seperti apa sih wadahnya?

"FLP sangat direkomendasikan untuk orang yang suka menulis, dan pintar dalam mengembangkan ide-idenya tetapi, jika ada yang mau bergabung dengan FLP kami sangat terbuka untuk semua orang terutama untuk orang yang mau belajar," tegasnya.

Apa saja prestasi yang telah diraih?

"Sukses membuat buku yang berjudul Awal Akhir dan Harapan karya FLP MAN 1 Model Lubuklinggau tahun ini, juara 1 lomba dramatisasi puisi yang diadakan Dewan Kesenian kota Lubuklinggau, juara 1 lomba cipta baca puisi yang diadakan Linggau Pos, juara 3 cipta baca puisi yang diadakan Linggau Pos, dan juara 1 lomba cipta cerpen di Ar-Risalah, juara 1 cipta cerpen di Beligat Update serta juara 1 cipta baca puisi di STAIS Bumi Silampari," jawabnya.

Apa Tanggapan Kalian Mengenai FLP?

"FLP Organisasi kepenulisan yang bisa mendorong kita agar berpikir kreatif sehingga bisa membuat karya melalui tulisan maupun non-tulisan," menurut Annisa UL Mardhiyah, Wakil Ketua FLP MAN 1 Model Lubuklinggau.

"FLP menurut saya adalah sebuah organisasi yang melatih skil dan kemampuan untuk bisa menjadi penulis yang kreatif di masa depan", ungkap M. Arif Abdillah, ketua FLP MAN 1 Model Lubuklinggau.

"Bagi saya FLP merupakan tempat untuk melatih kemampuan seseorang agar kelak bisa menjadi penulis yang handal," ungkap Fernanda Putra Armey, siswa MAN 1 Model Lubuklinggau.

"FLP menurut saya adalah tempat bagi seseorang untuk menyakurkan ide-ide melalui media tulisan," ujar Gusti Sepka Kartika, siswa MAN 1 Model Lubuklinggau. (ana/ddy)

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
English Club

English club atau yang akrab dikenal dengan sebutan EC merupakan salah satu ekstrakulikuler di MAN 1 Model Lubuklinggau (Mansadel) yang baru baru ini dibentuk. Ekstrakulikuler yang dib

20/05/2020 15:47 - Oleh Administrator - Dilihat 1942 kali
ROHIS

“Rohis Al-jiddiyah” begitu Rohis MAN 1 Lubuklinggau dikenal oleh kalangan luar, organisasi yang masih sangat eksis ini termasuk organisasi yang sudah sangat lama ada di MAN

27/09/2019 16:16 - Oleh Administrator - Dilihat 1371 kali
PMR

PMR

27/09/2019 16:15 - Oleh Administrator - Dilihat 1097 kali
PIK-R

PIK-R

27/09/2019 16:15 - Oleh Administrator - Dilihat 1067 kali
Rumah Tahfidz

Rumah Tahfidz

27/09/2019 16:14 - Oleh Administrator - Dilihat 1160 kali